Melaksanakan Puasa Mutih Sebelum Ijab Pernikahan, Untuk Apa?

dewisundari   January 25, 2021   Comments Off on Melaksanakan Puasa Mutih Sebelum Ijab Pernikahan, Untuk Apa?

Bahasan kita kali ini, akan sangat cocok untuk Anda yang sedang, atau akan melangsungkan pernikahan. Karna di artikel ini saya akan membagikan tata cara puasa mutih sebelum menikah. Sedangkan bagi Anda yang masih single, boleh simak artikel ini sebagai wawasan.

Nah, Menjelang hari pernikahan merupakan hal yang paling membahagiakan bagi kedua mempelai tentunya. Bagaimana tidak, pada hari tersebut dua insan dipersatukan untuk mengikat janji satu sama lain dalam jalinan kasih yang disebut pernikahan.

Akan tetapi hari bahagia tersebut tentu akan dipenuhi dengan hal-hal yang penting. Seserahan, Ijab Qobul dan lain sebagainya merupakan rangkaian acara yang sakral dan penuh makna. Maka sudah pasti di momen tersebut kita tidak menginginkan terjadi hal-hal yang buruk dan mengganggu jalannya prosesi.

Sudah menjadi adat dan kebiasaan orang jawa, jika hendak melaksanakan sesuatu atau punya gawe istilahnya, maka perlu melakukan ritual tertentu. Misalnya saja beberapa hari menjelang hari pernikahan, mempelai harus dipingit. Atau tidak boleh keluar kemana-mana.


Baca Juga :


Selain itu orang jawa jaman dahulu biasanya mewajibkan orang yang hendak melakukan prosesi pernikahan untuk melakukan puasa mutih. Puasa mutih ini digunakan untuk membersihkan diri dari sengkala buruk yang nantinya akan mengganggu di prosesi pernikahan. Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan mutih. Puasa ini dilakukan menjelang pernikahan memang bukan hanya dimaksudkan untuk sang calon pengantin saja, namun menyeluruh untuk membersihkan nafsu-nafsu yang buruk dimana hal itu kalau dibiarkan akan mengganggu kehidupan kita dan penuh dengan keburukan sehingga tidak dapat tercapai cita-cita dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis penuh dengan kebahagiaan.

Dengan menjalankan puasa mutih yakni tidak minum atau makan selain air putih dan nasi putih, maka diharapkan keburukan dan nafsu dalam diri kita akan sirna sehingga tidak terbawa ketika kita melangsungkan momen pernikahan dan tidak akan ada kebiasaan buruk yang membuat kita merasa perlu untuk membersihkan kelak di kemudian hari.

Bagaimana niat dan tata caranya?

Untuk niatnya, kurang lebih sebagai berikut:

NIAT INGSUN PASA MUTIH, SUPAYA PUTIH BADANKU PUTIH BATHINKU, PUTIH KAYA DENING BANYU, SUCI KERANA ALLAH TA ALA

Ucapkan niat puasa mutih tersebut, kemudian lakukan puasa mutih cukup sehari saja. Waktunya adalah 2 hari sebelum hari ijab qobul pernikahan. Jadi Anda berpuasa disaat 3 hari sebelum hari pernikahan Anda.