Bagaimana Cara Melepaskan Cinta Tak Berbalas?

dewisundari   December 21, 2020   Comments Off on Bagaimana Cara Melepaskan Cinta Tak Berbalas?

Kali ini, bahasan kita kaitannya adalah dengan hubungan asmara. Kita akan membahas, tentang bagaimana caranya melepaskan, atau mengikhlaskan, bila seseorang yang cintai, ternyata tidak membalas perasaan kita.

Padahal seringnya, dalam kasus semacam ini kita sudah banyak sekali berkorban. Sudah melakukan segala cara untuk mendapatkan perhatiannya. Sudah berupaya agar hatinya bisa kita miliki. Tetapi apa mau dikata, memang yang bersangkutan tidak menaruh rasa.

Bila berhadapan dengan situasi semacam ini, Anda tidak perlu berkecil hati. Hanya karena satu atau dua orang menolak perasaan Anda, bukan berarti tidak ada yang akan mencintai Anda di dunia ini. Pasti masih ada, orang lain yang jauh lebih baik untuk Anda.

Di sisi lain, jangan pula beranggapan bahwa orang ini lantas bukan orang baik. Jangan menganggapnya sombong dan lain-lain. Karena sebagaimana kita berhak mencintai mereka, mereka juga berhak untuk tidak mencintai kita. Anggaplah ini sebagai suatu proses yang wajar, dan jangan biasakan diri Anda untuk terlalu banyak berkorban.

Bila dihadapkan dengan persoalan cinta yang bertepuk sebelah tangan, kadang pikiran kita menjadi buntu. Seperti tidak ikhlas, seperti masih ingin menjadikan orang tersebut milik kita.

Sebenarnya kita sadar, bahwa lebih baik keinginan ini kita lepaskan. Tetapi seringkali, melepaskan itu sulit.


Baca Juga :


Nah, itulah yang ingin saya bagikan kali ini. Saya ingin membagikan, bagaimana caranya agar kita lebih mudah, melepaskan cinta yang tidak berbalas.

Pertama, tentukan standar Anda. Bila sejak awal Anda tahu, bahwa orang ini tidak pernah menghargai Anda, maka semestinya Anda juga tahu, bahwa mereka tidak layak untuk mendapatkan waktu Anda.

Kedua, tentukan kebahagiaan Anda. Selama Anda menaruh rasa terhadap orang ini, apakah Anda merasa bahagia? Bila tidak, atau justru yang sering Anda rasakan hanyalah perasaan kecewa, maka sewajarnya Anda akan merasakan keinginan untuk melepaskan orang ini.

Ketiga, jangan menunggu. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak Anda nikmati. Bila orang yang Anda tuju ini sudah melanjutkan hidupnya, maka Anda pun harusnya demikian. Jangan buang waktu Anda untuk menunggu orang yang jelas-jelas tidak bisa Anda tunggu.

Keempat, menjauhlah secara fisik. Karena akan sulit bagi Anda untuk merelakannya, melepaskannya, bila secara fisik Anda masih sering bersama dia. Jarak antara Anda berdua akan mempermudah proses melepaskan perasaan Anda terhadapnya.

Kelima, tegaslah. Bila yang bersangkutan merasa Anda menghindarinya, dan kemudian ia bertanya kenapa Anda dengan sengaja menghindarinya, maka jawablah apa adanya. Bahwa Anda perlu waktu untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda, dan akan jauh lebih baik apabila ada jarak yang cukup jauh, antara Anda dengannya.

Keenam, tidak perlu menyalahkan diri Anda sendiri. Tidak bersama orang ini, bukanlah suatu bentuk kegagalan bagi Anda. Ini hanyalah bagian dari hidup, yang tidak perlu Anda sesali, dan tidak perlu Anda persalahkan. Justru ini merupakan sebuah pelajaran sekaligus pengalaman yang berharga bagi Anda ke depannya.

Ketujuh, fokuslah pada diri Anda sendiri. Bila sebelumnya Anda sudah terlalu banyak membuang waktu untuk orang lain, maka ini saatnya Anda mengalokasikan waktu untuk diri Anda sendiri. Menata masa depan Anda, melakukan apa saja yang Anda suka.

Selain ketujuh cara ini, tentu saja ada satu hal lain yang perlu ditekankan, bila ingin lebih mudah melepaskan cinta yang tidak berbalas. Yaitu seperti tadi yang telah saya singgung, jangan dibiasakan terlalu banyak berkorban.

Belum apa-apa, Anda sudah banyak berkorban. Membelikan dan memberikan macam-macam, bahkan sampai mondar-mandir jadi sopir dan babunya. Bila sudah terlanjur banyak berkorban, maka akan semakin sulit bagi Anda untuk merelakan orang ini, bila ternyata nantinya dia tidak membalas perasaan Anda.

Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya sampaikan. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami, sedang dihadapkan pada cinta yang tidak berbalas, tidak perlu bersedih. Bisa jadi ini adalah cara Tuhan untuk menunjukkan, bahwa bukan orang ini yang terbaik untuk Anda. Dan saya doakan, agar Anda mendapatkan yang terbaik dengan segera.